Tentang Resolusi 2024

Happy (belated) New Year 2024.

Bersyukur atas segala hal dan berkat yang telah gue terima sepanjang 2023, dan semoga gue bisa terus belajar dan bertumbuh di 2024 ini.

Terinspirasi dari post nya si Oki, tahun ini gue mencoba bikin resolusi 2024 dengan sistem S.M.A.R.T juga.

Specific, Measureable, Attainable, Relevant, Time-bound.

But instead of 5, I’ll keep it down to 3.

  1. Hidup lebih baik
  2. Kesehatan lebih baik
  3. Menulis lebih baik

HIDUP LEBIH BAIK
Di awal tahun 2023 gue dihadapkan dengan keputusan bisnis yang sulit, dimana gue harus bersiap untuk melepas salah satu klien besar perusahaan. Sampe udah rada overthinking dan mencari definisi dan pembenaran hidup “cukup”. Karena udah kebayang tuh, alih-alih omset naik, tahun ini mungkin akan turun secara significant.

Namun nyatanya, tahun ini baik-baik saja. Tertutup 1 pintu, terbuka pintu lainnya. Life goes on. Tahun lalu juga gue banyak membaca tentang stoicism. Membedakan mana yang didalam kontrol gue, dan mana yang diluar kontrol gue.

Tahun ini gue ingin lanjut mempraktekkan stoicism, dan juga gaya hidup minimalist/essentialist. Bukan, bukan mencoba hidup dengan barang sesedikit mungkin, dan sefrugal mungkin. Mungkin istilah yang cocok, gaya hidup dengan intensi.

Hidup dengan tujuan. Intentional living.

Untuk goal yang ini agak abstract untuk ukurannya. Jadi gue akan dokumentasikan (photo, tulisan) proses yang gue lakukan untuk memenuhi goal ini dengan menggunakan tag #IntentionalLiving.

KESEHATAN LEBIH BAIK
Sejak memasuki umur kepala 4, sadar sih ni badan udah perlu maintenance rutin. Emang harus sadar bertindak, sebelum terlambat.

Untuk kesehatan fisik: kembali rutin intermittent fasting, makan lebih baik, dan membiasakan latihan minimum 3 hari seminggu, dan per sesi minimum 15 menit. Calisthenic dan cardio.

Untuk kesehatan mental: menulis jurnal harian, dan membaca minimum 1 buku per bulan. Jadi total setahun baca 12 buku.

MENULIS LEBIH BAIK

Satu skill yang menjadi fokus gue di tahun ini adalah menulis. Gue ingin belajar untuk menulis lebih baik. Kenapa menulis? Karena gue sering banget mendengar “belajar menulis”, “menulislah lebih sering”, dan pesan pesan tentang menulis lainnya, sepanjang 2023. Udah kek pertanda.

Idola gue juga nulis semua. Andhika Diskartes. Fellexandro Ruby. Okki Sutanto. Edward Suhadi. Semua membagikan pengalaman dan ilmu, melalui tulisan. Dan tulisan-tulisan mereka, telah mengubah hidup gue sejak 2021. I’m thankful. And I want to be able to do the same for others.

Keeping it simple.

  • 1 daily journal.
  • minimal 1 post Instagram per week.
  • minimal 1 blog post per month.

That’s it. 3 resolutions for 2024. Let’s enjoy the journey. Buat yang belum punya goal, semoga kalian bisa menemukan “goal” hidup. Bagi yang sudah punya goal, semoga journey nya berlangsung hingga selesai.

Here’s to 2024.

This entry was posted in Slice of Life. Bookmark the permalink.